Wednesday, May 19, 2010

Cara Mengganti Isi File APK

Misalnya, mengubah background app-drawer helix launcher menjadi transparan.

caranya :

1. copy apk helix launcher dari /data/app/
adb pull /data/app/com.helixproject.launcher.apk C:/

2. buka com.helixproject.launcher.apk pakai winrar, ect. windownya jgng ditutup dlu.

3. copy pattern_carbon_fiber_dark.png dari folder res/drawable-mdpi/

4. edit pattern_carbon_fiber_dark.png supaya mnjd transparent

5. buka kmbli window winrar, trus file pattern_carbon_fiber_dark.png yang sudah diedit dicopy ke res/drawable-mdpi/

6. delete folder META-INF yang ada di com.helixproject.launcher.apk

7. download JDK + JRE dan install.

8. copy com.helixproject.launcher.apk yg sudah di edit ke C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_10\bin <- lokasi default instalasi JDK

9. buka command promt, lalu
C:\Users\dorayaki>cd C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_10\bin

C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_10\bin>keytool -genkey -v -keystore debug.keystore -alias androiddebugkey -keyalg RSA -validity 10000
Enter keystore password: (diisi "android" tanpa petik)
Re-enter new password: (diisi "android" tanpa petik)
What is your first and last name?
[Unknown]: Android Debug
What is the name of your organizational unit?
[Unknown]: (tekan enter aja)
What is the name of your organization?
[Unknown]: Android
What is the name of your City or Locality?
[Unknown]: (tekan enter aja)
What is the name of your State or Province?
[Unknown]: (tekan enter aja)
What is the two-letter country code for this unit?
[Unknown]: US
Is CN=Android Debug, OU=Unknown, O=Android, L=Unknown, ST=Unknown, C=US correct?

[no]: yes

Generating 1,024 bit RSA key pair and self-signed certificate (SHA1withRSA) with a validity of 10,000 days for: CN=Android Debug, OU=Unknown, O=Android, L=Unknown, ST=Unknown, C=US
Enter key password for
(RETURN if same as keystore password): (diisi "android" tanpa petik)
Re-enter new password: (diisi "android" tanpa petik)
[Storing debug.keystore]

C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_10\bin>jarsigner.exe -verbose -storepass android -keystore debug.keystore com.helixproject.launcher.apk androiddebugkey

10. copy com.helixproject.launcher.apk ke sdcard, truss install, jika sudah install, uninstall terlebih dahulu helix launchernya


Note :
1. untuk file lain, caranya hampir sama, cuma beda file aja yang diganti. file gambr biasanya ada di res/drawable, res/drawable-mdpi (untuk layar ukuran 320x480 / HVGA spt spica, hero, etc), res/drawable-hdpi (untuk layar ukuran 480x854/WVGA spt N1, milestone, etc), etc.
2. biasanya file yang dipush ke /system/ tidak usah disign lgi (jangn delete folder META-INF), langsung ganti filenya.

4 comments:

  1. Salam Kenal bro sekalian.

    Saya sangat baru pemakai android khususnya samsung spica. yang ingin saya tanyakan :
    1. apasih abd shell, dan bagaimana cara masuk / input ke abd shell.
    2. saya ingin mengganti themes kok nggak bisa ya ( themes sdh diinstall ), caranya ?
    3. saya ingin menginstall dari market maupun non market tapi installernya masuk ke sd ( supaya internal memorynya tidak boros ).
    4. Dimana jasa setting android samsung sekitar cempaka mas atau mall ambassador. ( maaf bro masih baru jadi belum berani utak atik. )

    terima kasih atas perhatiannya.

    ReplyDelete
  2. izin ngopi buat blog saya bro..
    thanks
    masdri.wordpress.com

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak masbro...
    Saya sukses edit isi APK...
    Maju terus buat masbro...^_^

    ReplyDelete
  4. Your smartphone bootloop / hardbrick?? Visit this link
    www.droid-id.com

    ReplyDelete