Friday, May 14, 2010

Backup contact dari HP lama ke Spica (via Gmail)

Saya coba Sync Contact dari Palm saya dimana Palm saya dulu Sync dari Nokiyem Communicator saya dan saya sekarang Sync lagi ke Andro saya.

Andro ini paling gampang buat di Sync, soalnya cukup punya account email aja maka kita bisa simpan backup data contact kita di email phonebook

Nah mula-mula
1. Punya email gmail dulu kalau belum ya buat dong kan gratis
2. di menu kiri bawah menu ada pilihan contact
3. Nah lalu liat deh di kanan ada tulisan Import
4. Nah disitu kita tahu bahwa Gmail support contact dalam format CSV
5. Sooo.... kita harus mulai mikirin bagimana caranya dapatkan bakcup contact kita dari hp sebelumnya menjadi CSV.

Misal ya,
kalau kita punya hp kayaq BB maka dia akan Sync ke Outlook nah dari Outlook maka export as CSV ke komputer lalu import lah ke Gmail, pokoknya buat sampai di gmail contact kita ada contact yang kita mau pindahin ke Android kita.

Untuk windows mobile kayaqnya juga sama tuh harus lewat outlook terus tarik export ke csv terus upload ke gmail contact as csv

Untuk palm agak tricky juga, ambil contact nya lalu convert ke csv pakai palm dekstop nya terus import

Untuk Nokia karena file format nya beda kayaqnya harus pakai file converter udah lama juga nih soalnya udah mulai lupa unt nokia tapi yang jelas pasti bisa deh jadi CSV

gunakan google mu untuk bisa mendapatkan CSV file dan terimport ke gmail

6. Setelah contact udah di gmail maka ambil android mu sambung lewat Wifi atau GPRS nya lalu Login Gmail acc mu di Android terus pilih Setting pilih Sync lalu roll kebawah terus press sekali maka akan sync tuh ke contact di gmail mu

7. buat backup nya misal kamu ada nambahin contact di hp mu maka sama juga pilih sync aja maka keduanya akan saling sync dan saling menambahkan antara di email dan di android

Credit to bro mewm3wmew from kaskus.us

3 comments: